Most creative company

Pada awalnya saya bingung menentukan perusahaan apa yang paling kreatif. Karena sampai saat ini, menurut saya banyak sekali perusahaan yang sangat kreatif berlomba – lomba untuk berinovasi dan meraih pangsa pasar yang besar. Akhirnya pilihan saya jatuh pada sebuah perusahaan terkenal yang mendunia : Walt Disney !


Ya, menurut saya Walt Disney adalah perusahaan yang sangat kreatif. Walt Disney berasal dari nama pendirinya Walter Elias Disney yang dilahirkan di Chicago pada tanggal 5 Desember 1901. Kehidupan masa kecil Walt Disney tidaklah mudah, sementara banyak anak – anak lain yang mendapat kehidupan masa kecil yang bahagia, Walt harus turut membantu orang tuanya mencari nafkah. Ketika keluarganya mengalami kebangkrutan dan gagal panen terus menerus sampai akhirnya menjual sawahnya, ayah Walt membeli sebuah perusahaan koran kecil. Walt dan kakakknya (Ray), setiap hari pukul 03.30 dini hari harus bangun dan pergi mengantar koran ke rumah – rumah dan membawa beban yang mencapai dua kali berat tubuhnya dan juga harus menembus dinginnya hawa pagi hari. Adakalanya cuaca begitu dingin, sehingga Walt harus berjongkok di sudut jalan sekedar untuk menghangatkan diri. Walt kemudian masuk dinas tentara, dan ketika itu sangatlah sulit mencari pekerjaan. Ini merupakan masa-masa paling suram dalam kehidupan Walt Disney.


Suatu hari Walt teringat akan impiannya, yaitu menjadi kaya. Tapi, apa yang bisa dilakukan dengan keadaannya yang sekarang, tanpa modal, sedikit kenalan, tanpa pekerjaan. Akhirnya Walt menyadari, bahwa satu-satunya yang masih dimilikinya adalah bakat menggambarnya. Setelah sekian lama mencari-cari, Walt memutuskan bahwa Hollywood adalah tempat yang cocok dengan dirinya, dengan bakat yang dimilikinya. Melalui banyak perjuangan, Walt Disney berhasil menciptakan film gambar bergerak (animasi) pertama. Rangkaian film “Alice in The Wonderland” sukses luar biasa di bioskop Amerika, dan bertahan sampai tiga tahun berturut-turut. Dengan hasil dari film ini, Walt mulai bisa memperbaiki hidupnya, membeli rumah, membuat studio sendiri dan menikah dengan Lilian Bounds.
Walt terus melanjutkan karyanya. Dari inspirasi kehidupan masa kecilnya di desa di mana beliau sering bermain dengan bebek, tikus dan anjing, beliau menciptakan karakter yang hingga saat ini masih populer dan disukai banyak anak: Donald Duck, Mickey Mouse dan Pluto. Ketika karakter ini menjadi tambang emasnya di Hollywood bagi Walt Disney. Karya – karya lain yang terus mencetak uang pun terus tercipta. Daya kreativitas Walt Disney pada perusahaanya Disney Studio terus berkembang. Saat itu ia telah mempekerjakan 1500 orang. Lahirlah Snow White, Cinderella, Peter Pan dan Bambi. Dari sinilah Walt kemudian mendedikasikan diri seutuhnya untuk kebahagiaan banyak anak di dunia.

Usahanya tidak berhenti di situ saja. Walaupun merasa impiannya untuk menjadi kaya, punya perusahaan sendiri dan juga memberikan kebahagiaan pada anak – anak sudah diraihnya, kreativitas Walt Disney tidak pernah mati. Ketika pada tahun 1950an dia berjalan – jalan di sebuah taman bersama anaknya Sharon dan Diana, tercetuslah idenya untuk membuat sebuah taman bagi anak – anak untuk bertemu dengan para tokoh kartun favortinya. Konsep ini menjadi landasan bagi berdirinya Disneyland pertama Walt Disney. Awalnya banyak sekali orang yang menentang idenya dan pengusaha – pengusaha lain menganggapnya ini hal gila. Tapi kegilaan ini ternyata membawa kesuksesan baru bagi perusahaan Walt Disney. Disneyland akhirnya terwujud di Anaheim, California, pada tahun 1955. Hari itu hari besar bagi Walt Disney. Pada waktu pembukaan, Walt mengatakan dalam pidatonya “Kesuksesan dimulai ketika kita mulai menciptakan impian jauh kedepan. Dan saat kita berkomitmen untuk mencapai impian itu, maka selanjutnya impian itu yang akan menjadi magnet dan menarik kita ke sana”


Tahun 1966, dunia menangis kehilangan satu tokoh besar yang telah berjasa mewujudkan impian anak – anak. Bioskop pun kehilangan salah seorang penciptanya yang terbesar. Selama hidupnya, Walt Disney telah menerima 900 tanda kehormatan, 32 Oscar, 5 Emmy, dan 5 doktor honoris causa, perintis sejarah animasi dan salah seorang manusia terkaya di dunia. Ia telah mewujudkan impian-impiannya jauh melebihi harapannya yang paling muluk. Pada tahun 1985, Disneyland menyambut pengunjungnya yang ke-250 juta.
Hingga kini, Walt Disney company terus berkreasi mengembangkan usahanya dan terus menuai kesuksesan. Berikut ini adalah ekspansi yang telah dilakukan Walt Disney company hingga saat ini:
Walt Disney World


Disneyland

Disney Cruise Line


Disney Resort


Disneyland Resort Paris


Hongkong Disneyland


Disney Vacation Club



Walt Disney benar – benar menjadi perusahaan yang digandrungi anak – anak hampir di seluruh dunia. Lihat saja, banyak sekali pernah – pernik dan merchandise Disney yang sering kita jumpai di toko. Mug, selimut, seprei, sticker, topi, baju, piring, mainan anak dan masih banyak hal lain yang bercorakkan Disney sering kita lihat di mana – mana. Sepertinya Disney tidak pernah mati, selalu ada di setiap jaman. Dan Disney pun dapat masuk tidak hanya pada segmentasi anak-anak tapi semua umur, remaja bahkan keluarga. Disney Vacation Club contohnya adalah salah satu tempat hiburan bagi keluarga. Film – film produksi Disney pun sering kita tonton bersama keluarga. Perusahaan ini benar – benar sangat creative dan terus melakukan innovasi – innovasi dalam bentuk yang kreatif pula. Sebuah perusahaan game development ternama di Jepang Square Enix pun bekerja salam dengan Walt Disney membuat sebuah game campuran Finanl Fantasy series dan Disney. Ini pun suatu bentuk hasil kekreativan baru dari kedua perusahaan ini.

Advertisements

3 thoughts on “Most creative company

  1. mmg kreatif bgt tuh si om walt…hehhehe….byk ide,,,charming….pgn deh kreatif ky dia….kn lucu,,,,arsitektur hubunganny apa yah ma kartun???heehheehehe,,,,,=D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s