Google Monopoly??

googleBerbicara tentang Google, pasti semua juga uda pada tau kalo search engine yang satu ini sudah jadi andalan almost all computer users. Google men-DOMINASI dunia search engine !! Dari data statistik yang saya dapat, Google berhasil menghandle 64% market share on the Web search. Ga cuma itu, angka pertumbuhan perusahaan Google mencapai 58% per tahun.

Sebut para kompetitornya, Yahoo!, Microsoft Live Search, MSN, de el el. Search engine mereka tidaklah se heboh peran Google dalam bangsa dunia cyber ini. Nama Google telah terpenetrasi dalam pikiran banyak computer user. Misalnya nih, ketika ditanya, lagi ngapain kamu?? Jawab seseorang, “I’m Googling”. Ga berhenti di situ, Google yang merger dengan DoubleClick membuat Microsoft dan AT&T tak bisa tersenyum. Juga keberadaan Google Ad Sense yang banyak terpampang di setiap website personal turut mendominasi, ditambah lagi adanya Google Desktop juga di Personal Computer yang setidaknya menempatkan logo Google di desktop anda!

Dengan keberadaan semua itu, muncullah pertanyaan, “apakah Google melakukan monopoli?”

Jawabannya TIDAK! Google, terutama search engine nya adalah layananan free service untuk para consumennya. Mereka memilih Google di bandingkan search engine yang lain ya karena kenyamanan dan kualitas penggunaan yang lebih tinggi. Jadi jangan salahkan Google kalo orang2 lebih cenderung memilih Google ketimbang lainnya. Google juga tidak pernah melakukan tindakan monopolistik seperti mem-blocking akses kompetitornya agar hanya Google saja yang ada. Google beroperasi di lingkungan dengan kompetisi yang sehat..

Jadi sekali lagi, Google tidak melakukan monopoli sama sekali. Sisa pie sebesar 36% masih bisa diperebutkan oleh para kompetitornya..

Advertisements

One thought on “Google Monopoly??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s